Sembuhkan Batuk dengan Madu dan Jeruk Nipis

Begitu masifnya iklan obat batuk di media massa mau tak mau membuat kita berpikir instan. Setiap kali ada anggota keluarga, terutama anak yang terserang batuk, beraneka merek obat langsung bermunculan dan kita memang tak sulit menemukannya di warung-warung terdekat. Namun, benarkah obat-obatan tersebut efektif?The American Academy of Pediatrics menyatakan obat-obatan demam dan batuk di pasaran tidak menyembuhkan untuk anak di bawah 6 tahun. Badan Pengawasan Obat dan Makanan di Amerika pun menyetujui hal ini. Dr. Herbowo Soetomenggolo, spesialis anak di RS Ibu dan Anak Hermina menyatakan bahwa untuk anak di bawah usia 6 tahun, penggunaan obat batuk antitusif tidak dianjurkan karena justru dapat memicu masalah yang lebih serius seperti pneumonia. “Pada anak yang sedang batuk, obat ini sangat tidak dianjurkan. Kalau anak masih di bawah 6 bulan beri saja ASI. Karena ASI dan air putih adalah pengencer dahak yang paling baik,” katanya.

Ada beberapa alternatif bagi para ibu untuk mengobati batuk keluarga.

Madu

Alan Rosenbloom, MD., dokter anak di Baldwin, New York, mengatakan madu bisa menjadi bagian dari perawatan pilek yang diderita anak-anak. Ada yang berpendapat bahwa madu kurang sesuai untuk dikonsumsi anak-anak berusia di bawah satu tahun karena beresiko pada metabolismenya. Namun, Vic Mali, MD., dokter anak di Beaumont Hospital di Troy, Michigan menyatakan bahwa semua jenis madu memiliki khasiat luar biasa. Orang tua tinggal memilih rasa mana yang cocok dengan lidah anak-anaknya.

Jeruk Nipis

Air perasan jeruk nipis ditambah kecap merupakan resep andalan banyak orang untuk mengatasi batuk. Jeruk nipis (citrus aurantifolia) mengandung minyak atsiri dan zat-zat yang mampu mengendalikan otot-otot di pernapasan sehingga batuk menjadi reda. Selain sebagai obat batuk, buah jeruk nipis juga berkhasiat sebagai obat penurun panas, obat sembelit, jerawat , mencegah rambut rontok, menambah nafsu makan, mengatasi suara serak, dan masih banyak lagi. Mengenai penambahan kecap pada air jeruk nipis, menurut Prof. Dr. Sumali Wiryowidagdo, ahli herbal, hal itu dimaksudkan untuk mengurangi keasaman air jeruk. Pada dasarnya kecap tidak berkhasiat untuk mengobati batuk.

Selain kecap, kita bisa menggunakan air gula, madu, atau kapur sirih sebagai tambahan agar rasanya tidak terlalu asam. “Penggunaannya juga tidak akan mengurangi khasiat jeruk nipis,” ujar dosen dari Pusat Studi Obat Bahan Alam Departemen Farmasi Universitas Indonesia tersebut.

 

Disadur dari Majalah Ar-Risalah, November 2013 hal. 63

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s