#22Desember : Ketika rindu kebersamaan denganmu

Ketika saya merindukan perhatian orang tua, wa bil khusu ibuk. Empat taun umur saya, ketika bapak pergi meninggalkan dunia yang fana ini. Semenjak saat itu pula ibuk sendirian merawat saya, dan juga mengambil alih posisi sebagai kepala rumah tangga.

Waktu itu sih kami serumah sama simbah sama pakdhe. Simbah kerjanya dagang sambil mbelanjain dagangan orang di pasar. Sementara pakdhe, menganggur, karena mengalami gangguan kejiwaan. DIbuat orang kalo kata simbah. Sering sekali ibuk menanyakan pada saya, apa saya setuju kalo ibuk mau nikah lagi. Saya selalu menolak. Padahal kasian ibuk, mencari nafkah sendiri, menanggung biaya sekolahku, bahkan terkadang membetulkan genteng rumah yang bocor sendirian! Entah apa yang ada dipikiran saya waktu itu, hingga akhirnya saat saya SMP ibuk bertemu dengan seorang pria yang sekarang menjadi bapak tiri saya.

Ya, beban ibuk sekarang berkurang. Berbanding lurus dengan waktu kebersamaannya dengan saya. Dulu sih sebelum ibuk mutusin buat nikah lagi, tiap seminggu sekali atau paling nggak sebulan sekali ibuk ngajak saya buat refreshing. Entah ke Kopeng, Salatiga.. atau ke Gramedia untuk sekedar baca buku disana karena kondisi keuangan yang seba kekurangan. Beruntung kalo pas ibuk ada rezeki, saya bisa membawa pulang sebuah buku. Terkadang juga ibuk mengajak saya ke tempat kerjanya, dikenalin sama temen kantornya.. dan yang paling saya ingat tiap malem ibuk selalu curhat mengenai keganasan bosnya yang sering mengumpat dengan kata-kata kotor pada ibuk. Gaji juga ga seberapa, kata Beliau lirih.

Ketika malam semakin larut, dan mata sudah tak bisa diajak kompromi, saya tidur berdua dengan ibuk. Saya masih ingat pelukannya ketika saya tidur. Aihh.. saya begitu rindu dengan semua kenangan itu. Bahkan hampir saja saya meneteskan air mata ketika mengenangnya. Sekarang, ibuk sudah jarang meluangkan waktu bersama dengan saya. Udah punya kesibukan dan tanggung jawabnya sendiri, sebagai ibu rumah tangga dan juga mengasuh adek tiriku yang kini duduk di bangku TK. Ibuk tinggal di Boja, Kendal.. yang deket dengan tempat kerja Bapak. Meskipun berbeda rumah, sesekali ibuk masih menyempatkan waktunya untuk berhubungan denganku lewat sms.

 

mentho sayang sama ibuk..

 

*)mentho itu panggilanku waktu kecil. FYI mentho itu sebenernya makanan dari kedelai dan tepung yang digoreng sampe keras.

2 thoughts on “#22Desember : Ketika rindu kebersamaan denganmu

Tinggalkan Balasan

